Langsung ke konten utama

Manfaat Kemangi dan Studi Ilmiah Minyak Kemangi

Manfaat Kemangi dan Studi Ilmiah Minyak Kemangi

Kemangi

Kemangi adalah Terna kecil dimana daunnya dapat di makan sebagai lalapan. aroma daun kemangi memiliki wangi khas, kuat tapi lembut dengan sentuhan aroma yang mirip limau. sebetulnya daun kemangi merupakan tanaman herbal yang sangat berkhasiat untuk keseimbangan kesehatan tubuh, namun belakangan kini tak banyak orang menyukainya lantaran dinilai baunya tak sedap untuk dijadikan teman makan. Dahulu, para orang tua sering menjadikan kemangi sebagai sayur pelengkap masakan dapur yang jarang ditinggalkan. Kendati sekarang masih dijadikan bagian dari santapan, namun terkadang lebih banyak dijumpai sebagai komponen untuk pemanis hidangan saja.

Barangkali dengan uraian manfaat kemangi disini, anda akan lebih memperhatikan daun lalap ini karena manfaatnya yang kaya nutrisi dan menyehatkan:
  1. Menyuburkan Pria dan Wanita
  2. Merangsang aktifitas saraf pusat
  3. Merangsang Kekebalan tubuh
  4. Merangsang Hormon
  5. Merangsang Asi
  6. Pencegah tulang kropos
  7. Memperkuat daya tahan hidup Sperma
  8. Menurunkan gula darah
  9. Melebarkan pembuluh darah
  10. Melebarkan pembuluh darah kapiler
  11. Menguatkan hati
  12. Mencegah mandul
  13. Membantu relaksasi otot halus
  14. Mencegah bau badan
  15. Mencegah darah kental
  16. Sebagai antihepatitis
  17. Mengatasi stroke

Studi Ilmiah Minyak Kemangi

Dalam Studi Ilmiah, minyak esensial kemangi memiliki manfaat sebagai antimikroba dan antioksidan. Tanaman bernama latin Ocimum Basilicum ketika dikeringkan kemudian diekstrak menggunakan pelarut air (hydro-distilled), memiliki efek antimikroba yang kuat terhadap bakteri patogen diantaranya Staphylococcus Aureus, Escherichia Coli, Bacillus Subtilis, Pasteurella Multocida.

Hasil uji aktivitas antimikroba pada minyak esensial kemangi menunjukkan bahwa bakteri staphylococcus aureus dan bacillus subtilis merupakan mikroOrganism yang paling sensitif terhadap minyak esensial kemangi kemudian dari keterangan uji ilmiah diketahui jika minyak esensial kemangi memiliki potensi sebagai pengawet makanan. 

Terobosan penemuan bahan pengawet alami ini sangat dinantikan kita semua karena ramah kesehatan dan terbebas dari bahan sintetis yang merugikan kesehatan. Semoga pengembangan selanjutnya menemui jalan terang dan dunia industri makanan berkembang lebih baik.

Postingan populer dari blog ini

Khasiat Utama Air Kelapa Gading

Air Kelapa Gading Banyak jenis kelapa yang tersebar di seluruh dunia, dan disinyalir tumbuhan ini berasal dari samudera hindia dan asia. hampir semua bagian dari tanaman ini bermanfaat bagi segala aspek kebutuhan rumah tangga hingga air kelapanya pun bermanfaat bagi kesehatan. Meski banyak tersebar akan manfaat air kelapa, namun diantara keutamaan manfaat dari masing-masing jenisnya kelapa belum tuntas diketahui peruntukan khusus atas fungsi dari masing-masing jenisnya, hanya saja pada umumnya masyarakat menganggap khasiat semuanya serupa. padahal andai mereka tahu dari masing-masing memiliki keutamaan khasiat yang berbeda. Air kelapa gading sangat baik membantu penyembuhan penyakit organ dalam.dan berikut adalah Khasiat Utama Air Kelapa Gading: Liver Meski belum ada penelitian prihal air kelapa gading, namun resep leluhur dari keluarga turun temurun menyimpan rahasia jika khasiat air kelapa gading diyakini mampu sembuhkan penyakit liver. Rahasia keluarga yang patut

Wangi Bunga Kantil

Fungsi Herbal Bunga kantil dipercaya mampu mengobati beberapa gangguan kesehatan. Kandungan senyawa alami seperti alkaloid mikelarbina dan liriodenina dipercaya memiliki  khasiat sebagai ekspektoran dan diuretik. Fungsi herbal yang dimiliki bunga kantil dapat menjadi obat alternatif untuk berbagai penyakit. Seperti bronkhitis, batuk, demam, keputihan, radang, prostat, infeksi saluran kemih, dan sulit kencing. Sayangnya, khasiat yang dimiliki bunga ini belum banyak diminati untuk pengobatan. Fungsi Adat Bunga Kantil disebut juga sebagai bunga cempaka putih. Mitos yang berkembang di masyarakat, aroma bunga kantil disukai oleh kuntilanak, dari beberapa kabar yang terkumpul jika gangguan makhluk ini lebih banyak ada pada pohon kantil karena kuntilanak menjadikan pohon kantil sebagai tempat tinggalnya. Selain itu dibawah ini adalah potret yang biasa ditemui di kebiasaan adat Jawa: Bunga kantil mempunyai nilai tradisi yang erat bagi masyarakat Jawa, tampak sering terlih

Khasiat Semanggi

  Semanggi Semanggi adalah sejenis kelompok paku air ( salviniales ) dari marga Marsilea dan tanaman ini mudah dijumpai di Indonesia terutama di pematang sawah atau tepi saluran irigasi. Daun semanggi biasa dijadikan bahan makanan yang populer yakni pecel semanggi. diketahui bahwa semanggi mengandung fitoestrogen yang berpotensi mencegah Osteoporosis, juga pula berpotensi sebagai tumbuhan Bioremediasi karena mampu menyerap logam berat Cd dan Pb

sidebar ads2 1x1 - 2022