Langsung ke konten utama

Khasiat Semanggi

Khasiat Semanggi 

Semanggi

Semanggi adalah sejenis kelompok paku air (salviniales) dari marga Marsilea dan tanaman ini mudah dijumpai di Indonesia terutama di pematang sawah atau tepi saluran irigasi.

Daun semanggi biasa dijadikan bahan makanan yang populer yakni pecel semanggi. diketahui bahwa semanggi mengandung fitoestrogen yang berpotensi mencegah Osteoporosis, juga pula berpotensi sebagai tumbuhan Bioremediasi karena mampu menyerap logam berat Cd dan Pb
. Kemampuan semanggi ini perlu diwaspadai dalam pemanfaatannya sabagai sumber makanan terutama jika semanggi diambil dari lahan yang tercemar logam berat tentunya akan tidak baik bagi tubuh. sementara itu khasiat umumnya adalah:

Batuk dan Sesak Nafas
Siapkan 17 gram daun semanggi yang masih segar dan cuci bersih. Rebus semanggi dengan tiga gelas air hingga airnya berkurang menjadi  satu gelas, saring dan ambil air rebusannya untuk diminumkan 1x sehari.

Kencing Tidak Lancar
Ambil 30 gram daun semanggi segar, cuci dan rebuslah dengan takaran air tiga gelas hingga mencapai satu gelas dapat ditambah gula pasir dan diminumkan 1x sehari.

Sakit Amandel
Siapkan daun semanggi yang masih segar 50 gram, Rebus dengan volume air 3 gelas sampai mendidih, gunakan air ramuan tersebut untuk berkumur selagi hangat.

Infeksi Saluran Kencing
50 gram daun semanggi segar dan cuci bersih, kemudian rebus dengan tiga gelas air hingga airnya berkurang menjadi satu gelas. Minum ramuan tersebut sampai habis sekali minum

Sakit Pengecilan Hati
Siapkan daun semanggi gunung yang masih segar 50 gram cuci bersih. Rebus semanggi dengan takaran air 3 gelas hingga berkurang menjadi 1 gelas, kemudian minumkan selagi hangat.

Postingan populer dari blog ini

Khasiat Utama Air Kelapa Gading

Air Kelapa Gading Banyak jenis kelapa yang tersebar di seluruh dunia, dan disinyalir tumbuhan ini berasal dari samudera hindia dan asia. hampir semua bagian dari tanaman ini bermanfaat bagi segala aspek kebutuhan rumah tangga hingga air kelapanya pun bermanfaat bagi kesehatan. Meski banyak tersebar akan manfaat air kelapa, namun diantara keutamaan manfaat dari masing-masing jenisnya kelapa belum tuntas diketahui peruntukan khusus atas fungsi dari masing-masing jenisnya, hanya saja pada umumnya masyarakat menganggap khasiat semuanya serupa. padahal andai mereka tahu dari masing-masing memiliki keutamaan khasiat yang berbeda. Air kelapa gading sangat baik membantu penyembuhan penyakit organ dalam.dan berikut adalah Khasiat Utama Air Kelapa Gading: Liver Meski belum ada penelitian prihal air kelapa gading, namun resep leluhur dari keluarga turun temurun menyimpan rahasia jika khasiat air kelapa gading diyakini mampu sembuhkan penyakit liver. Rahasia keluarga yang patut

Wangi Bunga Kantil

Fungsi Herbal Bunga kantil dipercaya mampu mengobati beberapa gangguan kesehatan. Kandungan senyawa alami seperti alkaloid mikelarbina dan liriodenina dipercaya memiliki  khasiat sebagai ekspektoran dan diuretik. Fungsi herbal yang dimiliki bunga kantil dapat menjadi obat alternatif untuk berbagai penyakit. Seperti bronkhitis, batuk, demam, keputihan, radang, prostat, infeksi saluran kemih, dan sulit kencing. Sayangnya, khasiat yang dimiliki bunga ini belum banyak diminati untuk pengobatan. Fungsi Adat Bunga Kantil disebut juga sebagai bunga cempaka putih. Mitos yang berkembang di masyarakat, aroma bunga kantil disukai oleh kuntilanak, dari beberapa kabar yang terkumpul jika gangguan makhluk ini lebih banyak ada pada pohon kantil karena kuntilanak menjadikan pohon kantil sebagai tempat tinggalnya. Selain itu dibawah ini adalah potret yang biasa ditemui di kebiasaan adat Jawa: Bunga kantil mempunyai nilai tradisi yang erat bagi masyarakat Jawa, tampak sering terlih

sidebar ads2 1x1 - 2022