Langsung ke konten utama

Beras Hitam yang Superior


Biasakan Makan Beras Hitam

Beras Hitam

Jika anda baru mengenal tentang apa itu beras hitam, disinilah uraian lengkap tentang beras hitam yang cukup representatif yang menjelaskan apa itu beras hitam. dulu keberadaan beras hitam masih terbilang langka di Indonesia karena masih lekat dengan mitos tertentu pada setiap daerah tapi sekarang sudah dapat dicari di supermarket maupun toko online.

Beras hitam sudah ribuan tahun menjadi konsumsi kaisar Cina dan keluarga, dan merupakan golongan forbidden rice atau beras terlarang. Bagi rakyat jelata yang berani makan beras hitam, dikenai hukuman penggal kepala.

Di Amerika, beras hitam dikenal Indonesian Black Rice terkadang juga ada sebutan Beras Hitam Melati Thailand "Thai Jasmine Black Rice" karena memang beras hitam lebih banyak tersebar di kawasan Asia. Sementara di Indonesia sendiri, tiap-tiap daerah memiliki penamaan tersendiri. Di Solo dikenal "Beras Wulung", di Cibeusi, Subang, Jawa Barat, beras hitam dikenal dengan sebutan Beras Gadog, di Sleman beras hitam dikenal dengan sebutan "Cempo Ireng" ada juga yang menyebut beras Jlitheng dan di Bantul dinamai "Beras Melik".

Sejarah Kerajaan Jawa menyatakan jika mengonsumsi beras hitam adalah hal tabu dan mendatangkan kualat bagi rakyat yang bukan berdarah biru. Keberadaannya hanya ada pada piring keraton atau sebagai keperluan ritual adat. Menurut riwayat, Beras Wulung merupakan beras pilihan yang hanya boleh ditanam dan dipergunakan untuk jenis ritual tertentu.

Beras Hitam memiliki kandungan berupa zat Anthocyanin yaitu zat alamiah antioksidan tinggi yang berfungsi untuk melindungi tanaman dari kerusakan akibat ultraviolet, dan jika dikonsumsi oleh manusia, maka zat ini berguna untuk melindungi kerusakan sel akibat oksidasi atau kontaminasi zat berbahaya. Seperti contoh: pengawet makanan, pewarna makanan, obat kimia, pestisida dll. Uji ilmiah lain menyebutkan jika Anthocyanin bisa melindungi sistem kardiovaskular, yang artinya dapat melindungi potensi serangan kanker, jantung, dan penyakit lainnya dan telah ada kasus orang selamat dan terhindar dari tindakan kemoterapi hanya dengan mengkonsumsi beras hitam dengan teratur.

Pigmen Hitam

Pigmen beras hitam juga kaya dengan kandungan materi aktif flavonoid yang sangat berperan dalam mencegah pengerasan pembuluh nadi. Selain itu beras hitam juga dilengkapi kadar vitamin dan mikroelemen, dan juga asam amino yang tinggi. Asam amino memiliki peran sebagai pemelihara metabolisme tubuh agar tetap bugar serta dapat membantu kekebalan tubuh atas suatu virus, penyakit bakteri dan sejenisnya.

Kandungan Serat

Kandungan serat beras hitam memiliki jumlah sekitar 100 kali lipat di banding beras putih. beras hitam juga memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga dapat berfungsi menjaga kestabilan gula darah. para penderita diabetes sangat dianjurkan mengkonsumsi beras hitam karna dapat membantu program diet gula darah disamping karena beras hitam memang memiliki efek kenyang yang panjang karena dengan makan porsi sedikit saja sudah dapat mengenyangkan.

Beras hitam dan beras merah memiliki fungsi yang hampir sama namun untuk penderita diabetes dengan tingkat tinggi beras hitam mampu merubah keadaan menjadi pulih, sehat lebih cepat dan lebih baik.

Penyakit Berat dan Manfaat

Manfaat Beras Hitam: Membantu penyembuhan berbagai penyakit berat diantaranya adalah leukimia, kanker, jantung, diabetes, hepatitis, anemia, kolesterol, kegemukan, maag, asma, ginjal, alergi makanan, pencernaan, mengurangi peradangan, masalah kewanitaan, mengurangi resiko serangan penyakit pembuluh darah, otak dan jantung. serta memperbaiki sel hati dan beberapa penyakit dalam lainnya.

Manfaat Beras Hitam untuk Bayi: Penelitian beras hitam juga berkembang untuk digunakan pada bayi, dan rupanya berbagai penemuan mengejutkan telah diketahui jika air tajin maupun bubur beras hitam bayi membuat bayi cepat kenyang, dapat membentuk badan bayi lebih padat, dan yang lebih penting lagi sangat bagus untuk perkembangan otak bayi.a

Meski diketahui beras hitam mendatangkan banyak manfaat, perlu disadari bahwa beras hitam bukanlah obat yang secara langsung bereaksi menyerang akar suatu penyakit, namun beras hitam memiliki peran besar untuk mendukung tubuh mendapatkan kondisi yang optimal dan ideal untuk menjadi sehat mencegah penyakit datang dan memulihkan kesehatan yang menurun.


Postingan populer dari blog ini

Khasiat Utama Air Kelapa Gading

Air Kelapa Gading Banyak jenis kelapa yang tersebar di seluruh dunia, dan disinyalir tumbuhan ini berasal dari samudera hindia dan asia. hampir semua bagian dari tanaman ini bermanfaat bagi segala aspek kebutuhan rumah tangga hingga air kelapanya pun bermanfaat bagi kesehatan. Meski banyak tersebar akan manfaat air kelapa, namun diantara keutamaan manfaat dari masing-masing jenisnya kelapa belum tuntas diketahui peruntukan khusus atas fungsi dari masing-masing jenisnya, hanya saja pada umumnya masyarakat menganggap khasiat semuanya serupa. padahal andai mereka tahu dari masing-masing memiliki keutamaan khasiat yang berbeda. Air kelapa gading sangat baik membantu penyembuhan penyakit organ dalam.dan berikut adalah Khasiat Utama Air Kelapa Gading: Liver Meski belum ada penelitian prihal air kelapa gading, namun resep leluhur dari keluarga turun temurun menyimpan rahasia jika khasiat air kelapa gading diyakini mampu sembuhkan penyakit liver. Rahasia keluarga yang patut

Wangi Bunga Kantil

Fungsi Herbal Bunga kantil dipercaya mampu mengobati beberapa gangguan kesehatan. Kandungan senyawa alami seperti alkaloid mikelarbina dan liriodenina dipercaya memiliki  khasiat sebagai ekspektoran dan diuretik. Fungsi herbal yang dimiliki bunga kantil dapat menjadi obat alternatif untuk berbagai penyakit. Seperti bronkhitis, batuk, demam, keputihan, radang, prostat, infeksi saluran kemih, dan sulit kencing. Sayangnya, khasiat yang dimiliki bunga ini belum banyak diminati untuk pengobatan. Fungsi Adat Bunga Kantil disebut juga sebagai bunga cempaka putih. Mitos yang berkembang di masyarakat, aroma bunga kantil disukai oleh kuntilanak, dari beberapa kabar yang terkumpul jika gangguan makhluk ini lebih banyak ada pada pohon kantil karena kuntilanak menjadikan pohon kantil sebagai tempat tinggalnya. Selain itu dibawah ini adalah potret yang biasa ditemui di kebiasaan adat Jawa: Bunga kantil mempunyai nilai tradisi yang erat bagi masyarakat Jawa, tampak sering terlih

Khasiat Semanggi

  Semanggi Semanggi adalah sejenis kelompok paku air ( salviniales ) dari marga Marsilea dan tanaman ini mudah dijumpai di Indonesia terutama di pematang sawah atau tepi saluran irigasi. Daun semanggi biasa dijadikan bahan makanan yang populer yakni pecel semanggi. diketahui bahwa semanggi mengandung fitoestrogen yang berpotensi mencegah Osteoporosis, juga pula berpotensi sebagai tumbuhan Bioremediasi karena mampu menyerap logam berat Cd dan Pb

sidebar ads2 1x1 - 2022