Langsung ke konten utama

Budidaya Kurma di Indonesia Bukan Hal Mustahil

Budidaya Kurma di Indonesia Bukan Hal Mustahil

Anggapan masyarakat jika menanam kurma di Indonesia adalah hal mustahil merupakan pendapat yang keliru besar.
Sebaliknya jika anda ingat petikan lagu Koes Plus "Orang bilang tanah kita tanah surga, ..." maka benar adanya terbukti jika Indonesia memang segala macam rupa dapat tumbuh subur termasuk pohon kurma.

Keuntungan budidaya kurma seharusnya tidak hanya saat jelang ramadhan atau hari lebaran. Jika kita lihat dari aspek mayoritas penduduk Indonesia memeluk agama Islam justru setiap hari pun selagi masih ada stok barang yang dijual maka keuntungan akan selalu mengalir. Mengapa demikian? karena umat Islam Indonesia adalah pemeluk agama yang taat dan percaya akan kitab suci dan hadistnya terkait hubungannya dengan seruan firman Allah SWT untuk memakan kurma karena memang hikmahnya bermanfaat untuk kesehatan.

Susahnya mencari kurma diluar bulan ramadhan dan lebaran merupakan kesempatan bagi anda jika jeli membaca peluang. Tidak ada yang mustahil bagi kurma untuk berbuah di Indonesia, sempat muncul tayangan materi program televisi bahwa kurma yang tumbuh dan berbuah di halaman Ustadz Haryono dinyatakan suatu hal yang diluar nalar dan dikait-kaitkan dengan aspek nonilmiah, padahal sangat mungkin terjadi bahkan di negeri asal Arab Saudi sana, kurma tumbuh sampai 12 tahun tapi di Indonesia kurma mempersingkatnya hanya dalam waktu 6 tahun saja dan jika pembudidayaannya intensif dan menghasilkan bibit kultur jaringan, pohon kurma dapat belajar berbuah saat usia 2-3 tahun setelah ditanam.

Bibit kultur jaringan kurma adalah bibit yang diperoleh dari induk betina dan memiliki sifat yang sama dan tentunya dipilihkan dari jenis yang berkualitas. Sementara itu yang menghasilkan buah adalah pohon kurma berjenis kelamin betina dan banyak ditemui kesulitan karena untuk saat ini belum ada pencerahan secara massive bagi petani untuk mengenali bibit kurma kelamin jantan dan betina. Kendati demikian sudah banyak bermunculan penjual bibit kurma yang dikembangkan melalui kultur jaringan.

Sekedar untuk memotivasi pembaca, menurut informasi dari media setempat bahwa Thailand dan Malaysia sudah beranjak mengembangkan budidaya kurma, bahkan Thailand kini sudah memiliki agenda ekspor hasil kerja keras mereka ke negeri dimana pohon kurma itu berasal. Ini bukti jika Indonesia memiliki potensi untuk melakukan hal serupa karena pada dasarnya pohon kurma memiliki toleransi yang tinggi terhadap kondisi tanah yang buruk, sekalipun tanah itu banyak mengandung unsur garam.

Berikut cara cepat membuat biji kurma berkecambah:
  1. Cuci bersih biji kurma dari sisa daging buahnya. Pastikan tidak ada sisa daging kurma yang melekatsisa daging kurma akan menjadi tempat tumbuhnya jamur dan apabila jamur sudah menyerang biji, maka akan menyebabkan kegagalan dalam proses berkecambah.
  2. Rendam biji kurma selama 7 hari: Hari pertama dan hari ke-7 rendam dengan ZPT selama 24 jam dengan takaran dosis ZPT 1 tutup botol atau 10 ml/1 Liter air. Sementara hari ke-2 dan ke-6 gunakan air jernih dari sumur biasa dalam masa perendaman dan tiap hari dilakukan ganti air.
  3. Setelah 7 hari direndam, angkat dan tiriskan biji kurma dengan cara diangin-anginkan selama 1-2 jam kemudian semai biji pada media yang anda pilih tutup rapat dan taruh ditempat gelap atau terhindar dari sinar matahari langsung. Selanjutnya pindahkan bibit yang mulai tumbuh akar pada media tanah yang dicampur dengan sesuai takaran pupuk organik.

Postingan populer dari blog ini

Khasiat Utama Air Kelapa Gading

Air Kelapa Gading Banyak jenis kelapa yang tersebar di seluruh dunia, dan disinyalir tumbuhan ini berasal dari samudera hindia dan asia. hampir semua bagian dari tanaman ini bermanfaat bagi segala aspek kebutuhan rumah tangga hingga air kelapanya pun bermanfaat bagi kesehatan. Meski banyak tersebar akan manfaat air kelapa, namun diantara keutamaan manfaat dari masing-masing jenisnya kelapa belum tuntas diketahui peruntukan khusus atas fungsi dari masing-masing jenisnya, hanya saja pada umumnya masyarakat menganggap khasiat semuanya serupa. padahal andai mereka tahu dari masing-masing memiliki keutamaan khasiat yang berbeda. Air kelapa gading sangat baik membantu penyembuhan penyakit organ dalam.dan berikut adalah Khasiat Utama Air Kelapa Gading: Liver Meski belum ada penelitian prihal air kelapa gading, namun resep leluhur dari keluarga turun temurun menyimpan rahasia jika khasiat air kelapa gading diyakini mampu sembuhkan penyakit liver. Rahasia keluarga yang patut

Wangi Bunga Kantil

Fungsi Herbal Bunga kantil dipercaya mampu mengobati beberapa gangguan kesehatan. Kandungan senyawa alami seperti alkaloid mikelarbina dan liriodenina dipercaya memiliki  khasiat sebagai ekspektoran dan diuretik. Fungsi herbal yang dimiliki bunga kantil dapat menjadi obat alternatif untuk berbagai penyakit. Seperti bronkhitis, batuk, demam, keputihan, radang, prostat, infeksi saluran kemih, dan sulit kencing. Sayangnya, khasiat yang dimiliki bunga ini belum banyak diminati untuk pengobatan. Fungsi Adat Bunga Kantil disebut juga sebagai bunga cempaka putih. Mitos yang berkembang di masyarakat, aroma bunga kantil disukai oleh kuntilanak, dari beberapa kabar yang terkumpul jika gangguan makhluk ini lebih banyak ada pada pohon kantil karena kuntilanak menjadikan pohon kantil sebagai tempat tinggalnya. Selain itu dibawah ini adalah potret yang biasa ditemui di kebiasaan adat Jawa: Bunga kantil mempunyai nilai tradisi yang erat bagi masyarakat Jawa, tampak sering terlih

Khasiat Semanggi

  Semanggi Semanggi adalah sejenis kelompok paku air ( salviniales ) dari marga Marsilea dan tanaman ini mudah dijumpai di Indonesia terutama di pematang sawah atau tepi saluran irigasi. Daun semanggi biasa dijadikan bahan makanan yang populer yakni pecel semanggi. diketahui bahwa semanggi mengandung fitoestrogen yang berpotensi mencegah Osteoporosis, juga pula berpotensi sebagai tumbuhan Bioremediasi karena mampu menyerap logam berat Cd dan Pb

sidebar ads2 1x1 - 2022