Skip to main content

Cara Budidaya Rajungan di Tambak

Cara Budidaya Rajungan di tambak














Rajungan merupakan sumber makanan laut yang mahal harganya namun paling diburu oleh pecinta binatang berkaki sepuluh ini, bahkan dikabarkan jika Barrack Obama sengaja pesan khusus rajungan hasil dari perairan laut Indonesia.

Kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap rajungan tak pernah surut terlebih pasar dunia seperti Jepang, China, Singapura, Amerika. Permintaan pasar asing semakin meningkat hingga eksportir pun kerap dibuat kepayahan mencari bahan ekspor rajungan. tertarik dengan keuntungan besar? dibawah ini teknik budidaya rajungan.


Tahap Budidaya Rajungan:

Pembesaran

  1. Proses pembesaran rajungan dapat dilakukan pada keramba atau jaring yang ditanam pada daerah pantai namun pemilihan kolam tambak dapat dijadikan pilihan yang ideal dalam pembesaran.
  2. Standar ukuran tambak dengan ukuran 50x100 meter persegi dapat ditebar bibit rajungan dengan jumlah 10 ribu ekor, mengenai tinggi air dapat menyesuaikan karena terkait dengan jumlah plankton ataupun pakan yang anda berikan agar tidak terjadi kanibalisme.
  3. Buatlah konsep tambak mirip seperti habitatnya karena habitat rajungan ada pada pantai bersubtrat pasir, pasir berlumpur dan banyak karang atau beri bebatuan untuk pertahanan diri.
  4. Pakan rajungan biasanya menggunakan ikan rucah, bagi para peternak yang lokasinya berdekatan dengan pelelangan ikan merupakan kondisi yang cukup menguntungkan karena biasanya nelayan menangkap ikan-ikan kecil yang tidak dikonsumsi dan dijual dengan harga murah.
  5. Sumber makanan rajungan dengan ikan rucah yang diproses dengan pengeringan akan menghasilkan daging rajungan sesuai habitatnya ketimbang diberi pellet kendati rajungan cukup bertoleransi jika diberi pakan pellet.
  6. Berilah pakan yang cukup, semakin sering lebih baik untuk menghindari angka kematian akibat kanibalisme, dan jangan lupakan sirkulasi air dengan mengganti air 5 hari sekali untuk tujuan terhindar dari air yang banyak mengandung amoniak kotoran rajungan, karena amoniak bersifat racun. Jika air kolam terkontaminasi amoniak, rajungan akan kehilangan selera makan dan gagal panen akan mengancam impian anda.
Masa Panen
Rajungan yang dibesarkan di kolam tambak atau dalam jaring dapat dipanen dengan cara memilih ukuran rajungan yang tidak seragam pertumbuhannya, namun jika ukuran rata-rata diatas 100 gram atau berusia 3-4 bulan maka dapat dipanen secara masal. 

Saat panen dengan jumlah besar, sebaiknya mencari partner pemasaran yang sama-sama menguntungkan, hindari tengkulak yang akan menjatuhkan nilai panen anda, sebaiknya hubungi eksportir yang bersedia memberi angka yang layak dari hasil kerja keras anda.

Persiapan Kolam Tambak Pasca Panen
Terkadang kebiasan petani tambak lalai dengan tindakan pasca panen karena perasaan bahagia yang akhirnya melupakan kewajiban perlakuan kolam setelah panen. kolam wajib dikelola kembali agar siap ditebari bibit baru dengan cara menguras dan tanah dipadatkan kembali, dikeringkan disertai menebar batu kapur. Proses pengeringan kolam bisa ditunggu hingga 3-5 hari. Selamat Mencoba!



Popular posts from this blog

Khasiat Utama Air Kelapa Gading

Air Kelapa Gading Banyak jenis kelapa yang tersebar di seluruh dunia, dan disinyalir tumbuhan ini berasal dari samudera hindia dan asia. hampir semua bagian dari tanaman ini bermanfaat bagi segala aspek kebutuhan rumah tangga hingga air kelapanya pun bermanfaat bagi kesehatan. Meski banyak tersebar akan manfaat air kelapa, namun diantara keutamaan manfaat dari masing-masing jenisnya kelapa belum tuntas diketahui peruntukan khusus atas fungsi dari masing-masing jenisnya, hanya saja pada umumnya masyarakat menganggap khasiat semuanya serupa. padahal andai mereka tahu dari masing-masing memiliki keutamaan khasiat yang berbeda.
Air kelapa gading sangat baik membantu penyembuhan penyakit organ dalam.dan berikut adalah

Khasiat Utama Air Kelapa Gading:
Liver Meski belum ada penelitian prihal air kelapa gading, namun resep leluhur dari keluarga turun temurun menyimpan rahasia jika khasiat air kelapa gading diyakini mampu sembuhkan penyakit liver. Rahasia keluarga yang patut disebarluaskan ke…

Wangi Bunga Kantil

Fungsi Herbal
Bunga kantil dipercaya mampu mengobati beberapa gangguan kesehatan. Kandungan senyawa alami seperti alkaloid mikelarbina dan liriodenina dipercaya memiliki  khasiat sebagai ekspektoran dan diuretik. Fungsi herbal yang dimiliki bunga kantil dapat menjadi obat alternatif untuk berbagai penyakit. Seperti bronkhitis, batuk, demam, keputihan, radang, prostat, infeksi saluran kemih, dan sulit kencing. Sayangnya, khasiat yang dimiliki bunga ini belum banyak diminati untuk pengobatan.

Fungsi Adat
Bunga Kantil disebut juga sebagai bunga cempaka putih. Mitos yang berkembang di masyarakat, aroma bunga kantil disukai oleh kuntilanak, dari beberapa kabar yang terkumpul jika gangguan makhluk ini lebih banyak ada pada pohon kantil karena kuntilanak menjadikan pohon kantil sebagai tempat tinggalnya. Selain itu dibawah ini adalah potret yang biasa ditemui di kebiasaan adat Jawa:
Bunga kantil mempunyai nilai tradisi yang erat bagi masyarakat Jawa, tampak sering terlihat dalam acara…

Khasiat Semanggi

Semanggi Semanggi adalah sejenis kelompok paku air (salviniales) dari marga Marsilea dan tanaman ini mudah dijumpai di Indonesia terutama di pematang sawah atau tepi saluran irigasi.
Daun semanggi biasa dijadikan bahan makanan yang populer yakni pecel semanggi. diketahui bahwa semanggi mengandung fitoestrogen yang berpotensi mencegah Osteoporosis, juga pula berpotensi sebagai tumbuhan Bioremediasi karena mampu menyerap logam berat Cd dan Pb

sidebar ads2 1x1 - 2019