Langsung ke konten utama

Indonesia itu Kaya Segalanya


Indonesia itu Kaya Segalanya


Sejak dahulu Indonesia sudah kaya segala hal, itu pasti sudah disadari oleh penduduk Indonesia dan tidak perlu diragukan lagi untuk membuktikannya. jika kita bedah semua aspek yang menjadi objek pembahasan mungkin sumber kekayaan Indonesia tak cukup diuraikan dengan cara sederhana, namun sedikit saya ulas disini untuk merefleksi supaya anda menjadi lebih bersyukur dan tumbuh kembali kecintaan anda pada tanah kelahiran kita.

Berikut adalah rangkuman ringkas sumber kekayaan Indonesia yang potensial:

1. Kaya Budaya

dari data badan sensus BPS tahun 2010 yang penulis lansir dari wikipedia, suku bangsa Indonesia terdiri atas 1.340 suku. bisa anda bayangkan keanekaragaman suku bangsa memiliki budaya etnik yang berbeda-beda. sudah barang tentu warisan leluhur kita merupakan nilai yang sangat berharga untuk dijaga.


2. Kaya Sumber Energi
Secara astronomis, Kabupaten Natuna terletak pada titik koordinat 1016’-7019’ LU (Lintang Utara) dan 105000’-110000’ BT (Bujur Timur), dengan Batas-batas wilayah sebagai berikut :
  • Sebelah utara dengan Laut Cina Selatan,
  • Sebelah selatan dengan Kabupaten Bintan,
  • Sebelah barat dengan Semenanjung Malaysia,
  • Sebelah timur dengan Laut Cina Selatan
Blok Natuna D Alpha memiliki cadangan gas hingga 202 TRILIUN kaki kubik, dan masih banyak Blok-Blok penghasil tambang dan minyak seperti Blok Cepu dll.


Kaya Uranium, selain kaya gas alam, Indonesia menyimpan cadangan uranium 70.000 ton di perut bumi Nusantara. Salah satu diantara wilayah yang kaya uranium adalah papua yang sudah jadi rahasia umum bahwa diam-diam Freeport melakukan pelanggaran penambangan uranium, ini adalah fakta yang disangkal bangsa sendiri, sementara itu masih banyak wilayah Indonesia lain yang memiliki kandungan ribuan ton uranium jadi serbuan Amerika, Rusia, Prancis, dan Cina.


3. Kaya Pertambangan Emas Terbesar dan Dengan Kualitas Terbaik Dunia 

Sudah tak asinglah ditelinga kita dimanakah letak pertambangan terbesar di Indonesia, tentunya adalah pertambangan emas di Papua garapan PT. freeport McMoRan Copper & Gold Inc. daripada sakit hati tak perlu dibahas kecurangan dan konspirasinya melemahkan mental nasionalisme pejabat negara. pada intinya, Dengan cadangan 25 milyar pon tembaga, 40 juta ons emas dan 70 juta ons perak, nilainya sekitar 40 milyar dollar AS berdasarkan harga berlaku. Freeport diberikan jaminan bekerja di lokasi pertambangan untuk bertahun-tahun. Jika menemukan tambahan kekayaan mineral di atas 4,1 juta hektar di tanah sekitarnya akan menjadi hak eksklusif Freeport.

Contoh kecil nilai dari angka pemasukan Indonesia Sejak tahun 1992-2006 total pemasukan Freeport kepada negara Indonesia adalah 37 Trilyun, dari hasil pembayaran Pajak Negara dan daerah. Sedangkan keuntungan Freeport sendiri, mereka menggondol 40 ribu ton emas ke Amerika selama 14 tahun beroperasi. selebihnya hitung saja dari awal jejak kaki di tanah Papua hingga kini berapa ribu bongkahan ton emas yang mereka keruk.


4. Kaya Alam Hutan Tropis

Bumi yang kita pijak adalah replika surga yang patut kita syukuri. Dengan luas hutan sekitar 109 juta hektar (2003), Indonesia adalah pemilik hutan hujan tropis terluas ke-3 di dunia, setelah Brasil dan Kongo. Tapi dari luasan hutan yang tersisa itu, hampir setengahnya terdegradasi.

Kekayaan hutan Indonesia bukanlah sebatas kayu, flora&fauna pun sangat bermanfaat dan tersaji lengkap bagi industri farmasi/kerajinan, pariwisata, dan ilmu pengetahuan.
5. Kaya Kelautan

Luas wilayah laut Indonesia adalah 64,97% dari total wilayah Indonesia.
Luas Daratan: 1.910.931.32 km² (Kemendagri, Mei 2010)
Luas Lautan  : 3.544.743.9   km² (UNC:LOS 1982) terdiri dari 
  • Luas Laut Teritorial: 284.210.90 km²
  • Luas Zona Ekonomi Eksklusif: 2.981.211.00 km² 
  • Luas Laut 12 Mil: 279.322.00 km²
Dengan luas kelautan yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, Indonesia sudah tentu kaya akan biota laut. Semua mahkluk yang hidup didalam kelautan Indonesia baik itu ikan, tumbuhan laut, dan karang sudah cukup dikenal jagad pariwisata dunia dan perlu dikembangkan semaksimal mungkin untuk menarik wisatawan asing.

6. Kesuburan Tanah Indonesia

Indonesia terkenal dengan kesuburan tanahnya. Hampir semua jenis tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan baik di Indonesia. Mengapa demikian? Jawabannya adalah karena di Indonesia banyak terdapat gunung berapi. Banyaknya gunung api ini mempengaruhi jenis dan kesuburan tanah, karena proses vulkanisme dapat menghasilkan tanah baru dan debu hasil letusannya mampu menyuburkan tanah.

Luar biasa bukan jika Indonesia mampu menonjolkan semua keunggulan yang terkandung seluruh isi potensialnya. Sangat disayangkan jika kepentingan perut pribadi mengalahkan segalanya, namun sebagai bangsa yang dikenal luhur budinya kita wajib optimis Indonesia akan berjaya pada masanya nanti.


Postingan populer dari blog ini

Khasiat Utama Air Kelapa Gading

Air Kelapa Gading Banyak jenis kelapa yang tersebar di seluruh dunia, dan disinyalir tumbuhan ini berasal dari samudera hindia dan asia. hampir semua bagian dari tanaman ini bermanfaat bagi segala aspek kebutuhan rumah tangga hingga air kelapanya pun bermanfaat bagi kesehatan. Meski banyak tersebar akan manfaat air kelapa, namun diantara keutamaan manfaat dari masing-masing jenisnya kelapa belum tuntas diketahui peruntukan khusus atas fungsi dari masing-masing jenisnya, hanya saja pada umumnya masyarakat menganggap khasiat semuanya serupa. padahal andai mereka tahu dari masing-masing memiliki keutamaan khasiat yang berbeda. Air kelapa gading sangat baik membantu penyembuhan penyakit organ dalam.dan berikut adalah Khasiat Utama Air Kelapa Gading: Liver Meski belum ada penelitian prihal air kelapa gading, namun resep leluhur dari keluarga turun temurun menyimpan rahasia jika khasiat air kelapa gading diyakini mampu sembuhkan penyakit liver. Rahasia keluarga yang patut

Wangi Bunga Kantil

Fungsi Herbal Bunga kantil dipercaya mampu mengobati beberapa gangguan kesehatan. Kandungan senyawa alami seperti alkaloid mikelarbina dan liriodenina dipercaya memiliki  khasiat sebagai ekspektoran dan diuretik. Fungsi herbal yang dimiliki bunga kantil dapat menjadi obat alternatif untuk berbagai penyakit. Seperti bronkhitis, batuk, demam, keputihan, radang, prostat, infeksi saluran kemih, dan sulit kencing. Sayangnya, khasiat yang dimiliki bunga ini belum banyak diminati untuk pengobatan. Fungsi Adat Bunga Kantil disebut juga sebagai bunga cempaka putih. Mitos yang berkembang di masyarakat, aroma bunga kantil disukai oleh kuntilanak, dari beberapa kabar yang terkumpul jika gangguan makhluk ini lebih banyak ada pada pohon kantil karena kuntilanak menjadikan pohon kantil sebagai tempat tinggalnya. Selain itu dibawah ini adalah potret yang biasa ditemui di kebiasaan adat Jawa: Bunga kantil mempunyai nilai tradisi yang erat bagi masyarakat Jawa, tampak sering terlih

Khasiat Semanggi

  Semanggi Semanggi adalah sejenis kelompok paku air ( salviniales ) dari marga Marsilea dan tanaman ini mudah dijumpai di Indonesia terutama di pematang sawah atau tepi saluran irigasi. Daun semanggi biasa dijadikan bahan makanan yang populer yakni pecel semanggi. diketahui bahwa semanggi mengandung fitoestrogen yang berpotensi mencegah Osteoporosis, juga pula berpotensi sebagai tumbuhan Bioremediasi karena mampu menyerap logam berat Cd dan Pb

sidebar ads2 1x1 - 2022