Langsung ke konten utama

Durian dan Ragam Manfaatnya


Durian dan Ragam Manfaatnya

Durian

Buah durian banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil. Namun mengkonsumsi buah durian hendaklah disesuaikan, jangan sampai berlebihan. Cukup konsumsi durian 100-200 gr dalam sekali makan untuk tetap menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh.

Anggapan umum jika durian itu berbahaya lantaran peningkatan kolesterol dalam darah. Namun mitos itu terbantahkan pasalnya King of Fruits ini kaya vitamin dan manfaat.

Ragam Manfaatnya:

  1. Baik untuk kesehatan gigi karena mengandung fosfor (P)
  2. Durian mengandung 0 (nol) kolesterol, bahkan durian menyediakan asam lemak tak jenuh tunggal yang sangat menyehatkan jantung, serta menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL)
  3. Durian bermanfaat untuk mengurangi kelelahan, stres dan kecemasan
  4. Cepat membangkitkan energi karena kandungan kalium yang tinggi mampu mengisi kembali energi yang rendah dengan cepat untuk takaran orang sehat
  5. Baik untuk kesehatan tulang dan persendian karena mengandung kalsium, potasium, dan berbagai  vitamin B
  6. Ekstrak kulit dan buah dapat digunakan untuk mengobati bengkak dan penyakit kulit
  7. Kandungan mangaan dapat menjaga kestabilan kadar gula dalam darah
  8. Meningkatkan nafsu makan karena mengandung niasin dan thiamin
  9. Kaya nutrisinya mendukung sistem saraf dan sistem kekebalan tubuh serta meningkatkan pembentukan sel darah merah 
  10. Menghambat penuaan dini karena mengandung vitamin C sebagai antioksidan

Meski kaya manfaat tentunya ada beberapa hal yang perlu diwaspadai bagi orang yang sedang berpantang terhadap durian, yakni:
  1. Satu biji durian dengan berat sekitar 40 gr, memiliki sekitar 54 kalori. Jadi bagi orang yang sedang diet menurunkan berat badan, maka durian dapat meruntuhkan tujuan anda.
  2. Selain itu durian perlu diwaspadai oleh para ibu hamil dan orang yang memiliki tekanan darah tinggi pasalnya ada kalanya beberapa durian yang terlalu matang terkandung alkohol akibat fermentasi.
  3. Penderita diabetes wajib membatasi makan durian karena durian mengandung jenis gula glukosa, sukrosa dan fruktosa
Sering kali kita dengar mitos yang mampir ke telinga kita tentang Durian, yang jelas buah ini sangat bergizi. jika dikonsumsi dalam batas kewajaran durian memberikan vitamin, mineral dan lemak sehat. Namun jika berlebihan apapun itu tentunya efek sampingnya berdampak buruk.
Durian dengan berat sekitar 1kg mengandung 1.350 kalori, jika makan satu buah durian maka tercukupi kebutuhan kalori 68% cukup untuk takaran dewasa dimana rata-rata memerlukan 2000 kalori. Satu biji durian memiliki berat 40 gram dengan kandungan 54 kalori. Jadi bagi anda yang sedang program diet jangan sekali-sekali tergoda untuk sekedar mencicipi karena dengan iseng icip-icip akan keterusan dan meruntuhkan tujuan diet.

Postingan populer dari blog ini

Khasiat Utama Air Kelapa Gading

Air Kelapa Gading Banyak jenis kelapa yang tersebar di seluruh dunia, dan disinyalir tumbuhan ini berasal dari samudera hindia dan asia. hampir semua bagian dari tanaman ini bermanfaat bagi segala aspek kebutuhan rumah tangga hingga air kelapanya pun bermanfaat bagi kesehatan. Meski banyak tersebar akan manfaat air kelapa, namun diantara keutamaan manfaat dari masing-masing jenisnya kelapa belum tuntas diketahui peruntukan khusus atas fungsi dari masing-masing jenisnya, hanya saja pada umumnya masyarakat menganggap khasiat semuanya serupa. padahal andai mereka tahu dari masing-masing memiliki keutamaan khasiat yang berbeda. Air kelapa gading sangat baik membantu penyembuhan penyakit organ dalam.dan berikut adalah Khasiat Utama Air Kelapa Gading: Liver Meski belum ada penelitian prihal air kelapa gading, namun resep leluhur dari keluarga turun temurun menyimpan rahasia jika khasiat air kelapa gading diyakini mampu sembuhkan penyakit liver. Rahasia keluarga yang patut

Wangi Bunga Kantil

Fungsi Herbal Bunga kantil dipercaya mampu mengobati beberapa gangguan kesehatan. Kandungan senyawa alami seperti alkaloid mikelarbina dan liriodenina dipercaya memiliki  khasiat sebagai ekspektoran dan diuretik. Fungsi herbal yang dimiliki bunga kantil dapat menjadi obat alternatif untuk berbagai penyakit. Seperti bronkhitis, batuk, demam, keputihan, radang, prostat, infeksi saluran kemih, dan sulit kencing. Sayangnya, khasiat yang dimiliki bunga ini belum banyak diminati untuk pengobatan. Fungsi Adat Bunga Kantil disebut juga sebagai bunga cempaka putih. Mitos yang berkembang di masyarakat, aroma bunga kantil disukai oleh kuntilanak, dari beberapa kabar yang terkumpul jika gangguan makhluk ini lebih banyak ada pada pohon kantil karena kuntilanak menjadikan pohon kantil sebagai tempat tinggalnya. Selain itu dibawah ini adalah potret yang biasa ditemui di kebiasaan adat Jawa: Bunga kantil mempunyai nilai tradisi yang erat bagi masyarakat Jawa, tampak sering terlih

Khasiat Semanggi

  Semanggi Semanggi adalah sejenis kelompok paku air ( salviniales ) dari marga Marsilea dan tanaman ini mudah dijumpai di Indonesia terutama di pematang sawah atau tepi saluran irigasi. Daun semanggi biasa dijadikan bahan makanan yang populer yakni pecel semanggi. diketahui bahwa semanggi mengandung fitoestrogen yang berpotensi mencegah Osteoporosis, juga pula berpotensi sebagai tumbuhan Bioremediasi karena mampu menyerap logam berat Cd dan Pb

sidebar ads2 1x1 - 2022