Langsung ke konten utama

Rahasia Kedahsyatan & Keutamaan Bawang

Rahasia Kedahsyatan & Keutamaan Bawang

Meskipun semua sayuran penting untuk kesehatan, jenis tertentu menawarkan manfaat unik. Bawang adalah anggota genus Allium dari tanaman berbunga yang juga termasuk bawang putih, bawang merah, daun bawang dan daun bawang.

Sayuran ini mengandung berbagai vitamin, mineral, dan senyawa tanaman kuat yang telah terbukti meningkatkan kesehatan dalam banyak hal.

Bahkan, sifat obat bawang telah dikenal sejak zaman kuno, ketika mereka digunakan untuk mengobati penyakit seperti sakit kepala, penyakit jantung, dan sariawan (1).

Berikut 9 manfaat kesehatan bawang yang mengesankan.

1. Dikemas Dengan Nutrisi Bawang padat nutrisi, artinya rendah kalori tetapi kaya vitamin dan mineral. Satu bawang sedang memiliki hanya 44 kalori tetapi memberikan vitamin, mineral dan serat dalam dosis yang cukup banyak. Sayuran ini sangat tinggi vitamin C, nutrisi yang terlibat dalam mengatur kesehatan kekebalan tubuh, produksi kolagen, perbaikan jaringan dan penyerapan zat besi. Vitamin C juga bertindak sebagai antioksidan kuat dalam tubuh Anda, melindungi sel-sel Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas. Bawang juga kaya akan vitamin B, termasuk folat (B9) dan piridoksin (B6) - yang memainkan peran kunci dalam metabolisme, produksi sel darah merah dan fungsi saraf. Terakhir, mereka adalah sumber potasium yang baik, sebuah mineral yang kekurangan banyak orang. Faktanya, rata-rata asupan kalium orang Amerika hanya lebih dari setengah dari nilai harian yang direkomendasikan (DV) sebesar 4,700 mg. Fungsi seluler normal, keseimbangan cairan, transmisi saraf, fungsi ginjal, dan kontraksi otot semuanya membutuhkan kalium.

2. Bermanfaat bagi Kesehatan Jantung
Bawang mengandung antioksidan dan senyawa yang melawan peradangan, mengurangi trigliserida dan mengurangi kadar kolesterol - yang semuanya dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Khasiat anti-inflamasi mereka juga dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan melindungi terhadap gumpalan darah.
Quercetin adalah antioksidan flavonoid yang sangat terkonsentrasi di bawang. Karena anti-inflamasi yang manjur, ini dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi.
Sebuah studi pada 70 orang yang kelebihan berat badan dengan tekanan darah tinggi menemukan bahwa dosis 162 mg per hari ekstrak bawang kaya quercetin secara signifikan mengurangi tekanan darah sistolik 3-6 mmHg dibandingkan dengan plasebo.

2. Bawang juga terbukti menurunkan kadar kolesterol

Sebuah penelitian pada 54 wanita dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS) menemukan bahwa mengonsumsi bawang merah mentah dalam jumlah besar (40-50 gram / hari jika kelebihan berat badan dan 50–60 gram / hari jika obesitas) selama delapan minggu mengurangi total dan LDL "buruk" kolesterol dibandingkan dengan kelompok kontrol.
Selain itu, bukti dari penelitian pada hewan mendukung bahwa konsumsi bawang dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung, termasuk peradangan, kadar trigliserida tinggi dan pembentukan bekuan darah.

3. Penuh Dengan Antioksidan
Antioksidan adalah senyawa yang menghambat oksidasi, suatu proses yang mengarah pada kerusakan sel dan berkontribusi pada penyakit seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.


Bawang merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Bahkan, mereka mengandung lebih dari 25 varietas antioksidan flavonoid yang berbeda.

Bawang merah, khususnya, mengandung anthocyanin - pigmen tanaman khusus dalam keluarga flavonoid yang memberikan warna merah pada bawang merah.

Berbagai studi populasi telah menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi lebih banyak makanan yang kaya akan antosianin memiliki risiko penyakit jantung yang berkurang.

Sebagai contoh, sebuah penelitian pada 43.880 pria menunjukkan bahwa asupan kebiasaan antosianin setinggi 613 mg per hari berkorelasi dengan risiko 14% lebih rendah terkena serangan jantung tidak fatal.

Demikian pula, sebuah penelitian pada 93.600 wanita mengamati bahwa mereka dengan asupan makanan kaya antosianin tertinggi 32% lebih kecil untuk mengalami serangan jantung dibandingkan wanita dengan asupan terendah.

Selain itu, anthocyanin telah ditemukan untuk melindungi terhadap jenis kanker dan diabetes tertentu.
Rahasia Kedahsyatan & Keutamaan Bawang

4. Mengandung Senyawa Penangkal Kanker
Makan sayuran dari genus Allium seperti bawang putih dan bawang telah dikaitkan dengan risiko kanker tertentu yang lebih rendah, termasuk lambung dan kolorektal.


Sebuah tinjauan dari 26 studi menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi jumlah sayuran allium tertinggi adalah 22% lebih kecil kemungkinannya didiagnosis dengan kanker lambung dibandingkan mereka yang mengkonsumsi jumlah paling sedikit.

Selain itu, tinjauan dari 16 studi pada 13.333 orang menunjukkan bahwa peserta dengan asupan bawang tertinggi memiliki risiko 15% lebih rendah terkena kanker kolorektal dibandingkan dengan mereka yang memiliki asupan terendah.

Sifat melawan kanker ini telah dikaitkan dengan senyawa sulfur dan antioksidan flavonoid yang ditemukan dalam sayuran allium.

Misalnya, bawang menyediakan onionin A, senyawa yang mengandung belerang yang telah terbukti mengurangi perkembangan tumor dan memperlambat penyebaran kanker ovarium dan paru-paru dalam studi tabung reaksi.
Bawang juga mengandung fisetin dan quercetin, antioksidan flavonoid yang dapat menghambat pertumbuhan tumor.

5. Membantu Mengontrol Gula Darah
Mengonsumsi bawang dapat membantu mengontrol gula darah, yang khususnya penting bagi penderita diabetes atau prediabetes.


Sebuah studi pada 42 orang dengan diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa makan 3,5 ons bawang merah segar mengurangi kadar gula darah puasa sekitar 40 mg / dl setelah empat jam.

Selain itu, beberapa penelitian pada hewan telah menunjukkan bahwa konsumsi bawang dapat menguntungkan kontrol gula darah.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tikus diabetes yang diberi makan makanan yang mengandung ekstrak bawang merah 5% selama 28 hari mengalami penurunan gula darah puasa dan memiliki lemak tubuh yang jauh lebih rendah daripada kelompok kontrol.

Senyawa spesifik yang ditemukan dalam bawang, seperti senyawa kuersetin dan sulfur, memiliki efek antidiabetes.
Sebagai contoh, quercetin telah terbukti berinteraksi dengan sel-sel di usus kecil, pankreas, otot rangka, jaringan lemak dan hati untuk mengontrol regulasi gula darah seluruh tubuh.

6. Dapat Meningkatkan Kepadatan Tulang
Meskipun susu mendapat banyak pujian untuk meningkatkan kesehatan tulang, banyak makanan lain, termasuk bawang, dapat membantu mendukung tulang yang kuat.


Sebuah studi pada 24 wanita paruh baya dan pascamenopause menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi 3,4 ons (100 ml) jus bawang setiap hari selama delapan minggu telah meningkatkan kepadatan mineral tulang dan aktivitas antioksidan dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Studi lain pada 507 wanita perimenopause dan postmenopause menemukan bahwa mereka yang makan bawang setidaknya sekali sehari memiliki kepadatan tulang keseluruhan 5% lebih besar daripada individu yang memakannya sebulan sekali atau kurang.

Plus, penelitian menunjukkan bahwa wanita yang lebih tua yang paling sering makan bawang mengurangi risiko patah tulang pinggul lebih dari 20% dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah memakannya.

Diyakini bahwa bawang merah membantu mengurangi stres oksidatif, meningkatkan kadar antioksidan dan mengurangi keropos tulang, yang dapat mencegah osteoporosis dan meningkatkan kepadatan tulang.



7. Memiliki Sifat Antibakteri
Bawang dapat melawan bakteri yang berpotensi berbahaya, seperti Escherichia coli (E. coli), Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus aureus (S. aureus) dan Bacillus cereus.


Selain itu, ekstrak bawang telah terbukti menghambat pertumbuhan Vibrio cholerae, bakteri yang merupakan masalah kesehatan masyarakat utama di negara berkembang. Quercetin yang diekstrak dari bawang tampaknya menjadi cara yang sangat ampuh untuk melawan bakteri.

Sebuah penelitian tabung menunjukkan bahwa quercetin yang diekstrak dari kulit bawang kuning berhasil menghambat pertumbuhan Helicobacter pylori (H. pylori) dan Staphylococcus aureus (MRSA) yang kebal terhadap Meticillin.

H. pylori adalah bakteri yang berhubungan dengan tukak lambung dan kanker pencernaan tertentu, sedangkan MRSA adalah bakteri resisten antibiotik yang menyebabkan infeksi di berbagai bagian tubuh.

Penelitian tabung reaksi lain menemukan bahwa quercetin merusak dinding sel dan membran E. coli dan S. aureus.

8. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
Bawang merupakan sumber yang kaya serat dan prebiotik, yang diperlukan untuk kesehatan usus yang optimal.


Prebiotik adalah jenis serat yang tidak dapat dicerna yang diuraikan oleh bakteri usus yang menguntungkan.

Bakteri usus memakan prebiotik dan membuat asam lemak rantai pendek - termasuk asetat, propionat, dan butirat.

Penelitian telah menunjukkan bahwa asam lemak rantai pendek ini memperkuat kesehatan usus, meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi peradangan dan meningkatkan pencernaan.

Selain itu, mengkonsumsi makanan yang kaya prebiotik membantu meningkatkan probiotik, seperti Lactobacillus dan strain bifidobacteria, yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan.

Pola makan yang kaya akan prebiotik dapat membantu meningkatkan penyerapan mineral penting seperti kalsium, yang dapat meningkatkan kesehatan tulang.
Bawang khususnya kaya akan inulin prebiotik dan fructooligosaccharides. Ini membantu meningkatkan jumlah bakteri ramah di usus Anda dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.
Rahasia Kedahsyatan & Keutamaan Bawang

9. Mudah Sebagai Bahan Diet Anda
Bawang adalah makanan pokok di dapur di seluruh dunia.

Mereka memberikan rasa untuk hidangan gurih dan dapat dinikmati baik mentah atau dimasak. Belum lagi, mereka dapat meningkatkan asupan serat, vitamin, dan mineral.

Berikut adalah beberapa tips tentang cara menambahkan bawang ke makanan Anda:

Gunakan bawang mentah untuk menambahkan sedikit rasa pada resep guacamole Anda.

Tambahkan bawang karamel ke dalam makanan panggang yang gurih.

Campurkan bawang yang dimasak dengan sayuran lain untuk lauk yang sehat.

Cobalah menambahkan bawang yang sudah dimasak ke piring telur, seperti omelet, frittatas, atau quiches.
Daging, ayam atau tahu dengan bawang tumis.

Tambahkan bawang merah iris tipis ke salad favorit Anda.
Buat salad kaya serat dengan buncis, bawang cincang, dan paprika merah.


Gunakan bawang merah dan bawang putih sebagai dasar untuk kaldu dan sup.

campurkan bawang ke piring tumis. Taco top, fajitas, dan hidangan Meksiko lainnya dengan bawang mentah cincang.


Buat salsa atau saus buatan sendiri dengan bawang, tomat, dan daun ketumbar segar.

Siapkan bawang bombay dan sup sayuran. Tambahkan bawang ke resep cabai untuk menambah rasa.


Campurkan bawang mentah dengan bumbu segar, cuka dan minyak zaitun untuk saus salad buatan sendiri yang lezat.

Kesimpulan Garis Besar:
Manfaat kesehatan terkait bawang sangat mengesankan. Sayuran penuh nutrisi ini mengandung senyawa kuat yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker tertentu.

Bawang memiliki sifat antibakteri dan meningkatkan kesehatan pencernaan, yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Terlebih lagi, mereka serba guna dan dapat digunakan untuk meningkatkan cita rasa hidangan gurih apa pun. Menambahkan lebih banyak bawang ke dalam diet Anda adalah cara mudah untuk memberi manfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Source Trusted: 

Postingan populer dari blog ini

Khasiat Utama Air Kelapa Gading

Air Kelapa Gading Banyak jenis kelapa yang tersebar di seluruh dunia, dan disinyalir tumbuhan ini berasal dari samudera hindia dan asia. hampir semua bagian dari tanaman ini bermanfaat bagi segala aspek kebutuhan rumah tangga hingga air kelapanya pun bermanfaat bagi kesehatan. Meski banyak tersebar akan manfaat air kelapa, namun diantara keutamaan manfaat dari masing-masing jenisnya kelapa belum tuntas diketahui peruntukan khusus atas fungsi dari masing-masing jenisnya, hanya saja pada umumnya masyarakat menganggap khasiat semuanya serupa. padahal andai mereka tahu dari masing-masing memiliki keutamaan khasiat yang berbeda. Air kelapa gading sangat baik membantu penyembuhan penyakit organ dalam.dan berikut adalah Khasiat Utama Air Kelapa Gading: Liver Meski belum ada penelitian prihal air kelapa gading, namun resep leluhur dari keluarga turun temurun menyimpan rahasia jika khasiat air kelapa gading diyakini mampu sembuhkan penyakit liver. Rahasia keluarga yang patut

Wangi Bunga Kantil

Fungsi Herbal Bunga kantil dipercaya mampu mengobati beberapa gangguan kesehatan. Kandungan senyawa alami seperti alkaloid mikelarbina dan liriodenina dipercaya memiliki  khasiat sebagai ekspektoran dan diuretik. Fungsi herbal yang dimiliki bunga kantil dapat menjadi obat alternatif untuk berbagai penyakit. Seperti bronkhitis, batuk, demam, keputihan, radang, prostat, infeksi saluran kemih, dan sulit kencing. Sayangnya, khasiat yang dimiliki bunga ini belum banyak diminati untuk pengobatan. Fungsi Adat Bunga Kantil disebut juga sebagai bunga cempaka putih. Mitos yang berkembang di masyarakat, aroma bunga kantil disukai oleh kuntilanak, dari beberapa kabar yang terkumpul jika gangguan makhluk ini lebih banyak ada pada pohon kantil karena kuntilanak menjadikan pohon kantil sebagai tempat tinggalnya. Selain itu dibawah ini adalah potret yang biasa ditemui di kebiasaan adat Jawa: Bunga kantil mempunyai nilai tradisi yang erat bagi masyarakat Jawa, tampak sering terlih

Khasiat Semanggi

  Semanggi Semanggi adalah sejenis kelompok paku air ( salviniales ) dari marga Marsilea dan tanaman ini mudah dijumpai di Indonesia terutama di pematang sawah atau tepi saluran irigasi. Daun semanggi biasa dijadikan bahan makanan yang populer yakni pecel semanggi. diketahui bahwa semanggi mengandung fitoestrogen yang berpotensi mencegah Osteoporosis, juga pula berpotensi sebagai tumbuhan Bioremediasi karena mampu menyerap logam berat Cd dan Pb

sidebar ads2 1x1 - 2022