Skip to main content

Daun Stevia: Manis Daunnya, Manis Pula Untungnya


Daun Stevia: Manis Daunnya, Manis Pula Untungnya

Daun Stevia dapat menjadi bahan pemanis pengganti gula. Kandungan kalorinya boleh dibilang nol. Ini membuat daun Stevia banyak diburu industri jamu untuk pengganti gula. Budidaya tanaman dari Paraguay ini menjanjikan untung nan manis.

Bagi para penderita penyakit diabetes tentu menjadi momok yang menakutkan. Padahal, tanpa gula, makanan dan minuman terasa kurang mantap, bahkan hambar. Maka, pemanis rendah kalori kini semakin banyak diminati masyarakat.

Tapi tahukah Anda sehelai daun dapat menjadi pemanis alternatif untuk pengganti gula pasir? Adalah daun Stevia yang memiliki zat pemanis tersebut. Kini, mulai banyak petani membudidayakan tanaman asli Paraguay dan Brazil ini.

Menurut sumber pembudidaya tanaman Stevia di Karanganyar, Jawa Tengah daun Stevia adalah pemanis yang rendah kalori sehingga baik buat penderita diabetes.

Konon, rasa daun Stevia segar 10-15 kali lebih manis ketimbang gula. Adapun ekstrak kualitas bagus diklaim bisa 200-300 kali lebih manis daripada gula.

Rasa manis daun Stevia berasal dari kandungan di dalam daun yang disebut steviosida. Zat ini sendiri sebenarnya merupakan molekul glikosida yang disusun dari glukosa, sophorose dan steviol, Ini yang membuat rasa manis daun stevia berbeda dengan rasa manis gula biasa.

Membudidayakan Stevia di atas lahan seluas 2.000-3.000 meter persegi, tiap bulan bisa memproduksi stevia kering sekitar 2-3 ton.

Di atas lahan seluas 2.000-3.000 meter persegi, tiap bulannya bisa memproduksi stevia kering sekitar 2-3 ton.

Di luar negeri, Stevia biasa dipakai sebagai pemanis kue atau minuman. Bentuknya pun bervariasi, mulai dari bubuk hingga cairan berasa aneka buah.

Petani lokal biasanya memasok Stevia ke pabrik jamu dengan menjual campuran daun dan batang Stevia kering seharga Rp.10.000-15000/kg. Dari bisnis ini, omzet yang bisa dikantongi mencapai Rp 30-40 juta per bulan. Kalau pas harga bagus, keuntungannya dapat hampir 50%.

Cerita lain datang dari perusahaan pembudidaya Stevia di Solo, Sumber menyatakan jika permintaan daun Stevia untuk pasar dalam negeri memang tidak terlalu besar. Kebanyakan berasal dari pabrik jamu. Sementara konsumen lainnya belum cukup banyak yang melakukan permintaan produk ini.

Permintaan daun Stevia justru mengalir deras dari pasar luar negeri. Perusahaan asal Solo ini memasok daun Stevia ke pasaran Malaysia dan sejumlah negara di Eropa. 

Jika pembudidaya dapat memproduksi 50-70 ton daun plus batang Stevia kering, Dari bisnis ini bisa meraup omzet Rp 1 miliar lebih per bulan. Tertarik menanamnya? lakukanlah karena Indonesia memiliki banyak kelebihan iklim untuk mendukung hasil panen berlipat ganda.


Popular posts from this blog

Khasiat Utama Air Kelapa Gading

Air Kelapa Gading Banyak jenis kelapa yang tersebar di seluruh dunia, dan disinyalir tumbuhan ini berasal dari samudera hindia dan asia. hampir semua bagian dari tanaman ini bermanfaat bagi segala aspek kebutuhan rumah tangga hingga air kelapanya pun bermanfaat bagi kesehatan. Meski banyak tersebar akan manfaat air kelapa, namun diantara keutamaan manfaat dari masing-masing jenisnya kelapa belum tuntas diketahui peruntukan khusus atas fungsi dari masing-masing jenisnya, hanya saja pada umumnya masyarakat menganggap khasiat semuanya serupa. padahal andai mereka tahu dari masing-masing memiliki keutamaan khasiat yang berbeda.
Air kelapa gading sangat baik membantu penyembuhan penyakit organ dalam.dan berikut adalah

Khasiat Utama Air Kelapa Gading:
Liver Meski belum ada penelitian prihal air kelapa gading, namun resep leluhur dari keluarga turun temurun menyimpan rahasia jika khasiat air kelapa gading diyakini mampu sembuhkan penyakit liver. Rahasia keluarga yang patut disebarluaskan ke…

Wangi Bunga Kantil

Fungsi Herbal
Bunga kantil dipercaya mampu mengobati beberapa gangguan kesehatan. Kandungan senyawa alami seperti alkaloid mikelarbina dan liriodenina dipercaya memiliki  khasiat sebagai ekspektoran dan diuretik. Fungsi herbal yang dimiliki bunga kantil dapat menjadi obat alternatif untuk berbagai penyakit. Seperti bronkhitis, batuk, demam, keputihan, radang, prostat, infeksi saluran kemih, dan sulit kencing. Sayangnya, khasiat yang dimiliki bunga ini belum banyak diminati untuk pengobatan.

Fungsi Adat
Bunga Kantil disebut juga sebagai bunga cempaka putih. Mitos yang berkembang di masyarakat, aroma bunga kantil disukai oleh kuntilanak, dari beberapa kabar yang terkumpul jika gangguan makhluk ini lebih banyak ada pada pohon kantil karena kuntilanak menjadikan pohon kantil sebagai tempat tinggalnya. Selain itu dibawah ini adalah potret yang biasa ditemui di kebiasaan adat Jawa:
Bunga kantil mempunyai nilai tradisi yang erat bagi masyarakat Jawa, tampak sering terlihat dalam acara…

Khasiat Semanggi

Semanggi Semanggi adalah sejenis kelompok paku air (salviniales) dari marga Marsilea dan tanaman ini mudah dijumpai di Indonesia terutama di pematang sawah atau tepi saluran irigasi.
Daun semanggi biasa dijadikan bahan makanan yang populer yakni pecel semanggi. diketahui bahwa semanggi mengandung fitoestrogen yang berpotensi mencegah Osteoporosis, juga pula berpotensi sebagai tumbuhan Bioremediasi karena mampu menyerap logam berat Cd dan Pb

sidebar ads2 1x1 - 2019