Skip to main content

Apakah Moralmu Kira-kira Sudah Mendekati Orang Ini?

Apakah Moralmu Kira-kira Sudah mendekati orang yang seperti ini?

Ibrahim bin Adham dikenal sebagai seorang sufi yang memiliki banyak kisah hikmah. Salah satunya adalah ketika dia dipukuli oleh seorang prajurit yang sombong.

Dikatakan bahwa Ibrahim dalam perjalanan di suatu tempat. Di tengah jalan, Ibrahim disambut oleh sekelompok tentara. Dia tampak berjalan dengan gembira. Sampai salah satu dari mereka bertanya kepada Ibrahim dengan suara kasar: "di mana pesta terdekat?!!"

Kemudian Ibrahim tidak menjawab. Tangannya hanya menunjuk ke kuburan terdekat. Ketika dia melihat ini, prajurit itu sangat marah. “Apa yang kamu katakan, kamu hanya memberi tahu kuburan,” katanya dengan suara keras, wajahnya memerah karena tanda kemarahan.

Tentara itu kemudian melecehkan kepala Ibrahim bin Adham. Tapi Sufi itu tidak menghiraukan, dia bahkan berlalu saja pergi.

Prajurit arogan dan kelompoknya melanjutkan perjalanan mereka sampai mereka bertemu dengan seorang pria. "kalian akan celaka karena kepala yang kalian pukul adalah Ibrahim bin Adham, seorang sufi Zahid berilmu tinggi dari Khurasan," prajurit itu seketika gemetaran terbayang nasib buruk yang akan menimpanya.

Sesaat kemudian, tentara arogan itu berbalik dan mencari arah jalan Ibrahim bin Adham. Hingga akhirnya tentara menemui Ibrahim. Dia segera berlutut meminta maaf atas kekasarannya. “Maafkan atas kelakuanku wahai Syekh,” katanya.

Kemudian Ibrahim menjawab, “Aku telah memaafkanmu saat kamu pukul kepalaku, aku bahkan meminta kepada Allah SWT surga untukmu."

"Mengapa kamu berdoa untukku seperti ini," kata prajurit itu.

“ Saya tahu saya memasukkan perangkap padamu. Saya tidak berharap mendapatkan bagianku yang baik darimu dan bagianmu yang buruk dariku,” jawab Ibrahim.

Ini adalah pelajaran moral dari Ibrahim bin Adham. Dia tidak marah dan bahkan mendoakan orang yang zalim. Sebagaimana sabda Rasulullah, sebaik-baik mukmin adalah mukmin yang berakhlak baik.(Kisah ini diambil dari kitab Risalah Qusyairiyah karya Abul Qasim Abdul Karim Hawazin al Qusayiri an Naisaburi)

Popular posts from this blog

Khasiat Utama Air Kelapa Gading

Air Kelapa Gading Banyak jenis kelapa yang tersebar di seluruh dunia, dan disinyalir tumbuhan ini berasal dari samudera hindia dan asia. hampir semua bagian dari tanaman ini bermanfaat bagi segala aspek kebutuhan rumah tangga hingga air kelapanya pun bermanfaat bagi kesehatan. Meski banyak tersebar akan manfaat air kelapa, namun diantara keutamaan manfaat dari masing-masing jenisnya kelapa belum tuntas diketahui peruntukan khusus atas fungsi dari masing-masing jenisnya, hanya saja pada umumnya masyarakat menganggap khasiat semuanya serupa. padahal andai mereka tahu dari masing-masing memiliki keutamaan khasiat yang berbeda. Air kelapa gading sangat baik membantu penyembuhan penyakit organ dalam.dan berikut adalah Khasiat Utama Air Kelapa Gading: Liver Meski belum ada penelitian prihal air kelapa gading, namun resep leluhur dari keluarga turun temurun menyimpan rahasia jika khasiat air kelapa gading diyakini mampu sembuhkan penyakit liver. Rahasia keluarga yang patut

Wangi Bunga Kantil

Fungsi Herbal Bunga kantil dipercaya mampu mengobati beberapa gangguan kesehatan. Kandungan senyawa alami seperti alkaloid mikelarbina dan liriodenina dipercaya memiliki  khasiat sebagai ekspektoran dan diuretik. Fungsi herbal yang dimiliki bunga kantil dapat menjadi obat alternatif untuk berbagai penyakit. Seperti bronkhitis, batuk, demam, keputihan, radang, prostat, infeksi saluran kemih, dan sulit kencing. Sayangnya, khasiat yang dimiliki bunga ini belum banyak diminati untuk pengobatan. Fungsi Adat Bunga Kantil disebut juga sebagai bunga cempaka putih. Mitos yang berkembang di masyarakat, aroma bunga kantil disukai oleh kuntilanak, dari beberapa kabar yang terkumpul jika gangguan makhluk ini lebih banyak ada pada pohon kantil karena kuntilanak menjadikan pohon kantil sebagai tempat tinggalnya. Selain itu dibawah ini adalah potret yang biasa ditemui di kebiasaan adat Jawa: Bunga kantil mempunyai nilai tradisi yang erat bagi masyarakat Jawa, tampak sering terlih

Khasiat Semanggi

  Semanggi Semanggi adalah sejenis kelompok paku air ( salviniales ) dari marga Marsilea dan tanaman ini mudah dijumpai di Indonesia terutama di pematang sawah atau tepi saluran irigasi. Daun semanggi biasa dijadikan bahan makanan yang populer yakni pecel semanggi. diketahui bahwa semanggi mengandung fitoestrogen yang berpotensi mencegah Osteoporosis, juga pula berpotensi sebagai tumbuhan Bioremediasi karena mampu menyerap logam berat Cd dan Pb

sidebar ads2 1x1 - 2019