Skip to main content

Jalan Kisah Sufi Abul Hasan Asy-Syazili


Jalan Kisah Sufi Abul Hasan Asy-Syazili


"Kebutaan matahati itu pada tiga perkara: Saat membiarkan anggota tubuh dalam maksiat kepada Allah. Pamer dan riya dengan ketaatan kepada Allah, Tamak terhadap makhluk Allah. Siapa yang mengklaim pandangan matahati bersama satu dari ini, maka hatinya adalah dorongan prasangka-prasangka diri dan bisikan setan" (Asy-Syazili Ra).

Asy-Syazili merupakan guru dari Syekh Abu al-Abbas al-Mursi yakni seorang tokoh besar seorang guru dari Ibnu Atthaillah as-Sakandari Seorang sufi yang karangan kitabnya (AL-HIKAM) dijadikan panutan oleh semua muslim dunia yang ingin mengenal tuhan dengan mempelajari tasawuf.

Asy-Syazili merupakan nama populernya yang dialamatkan pada nama suatu daerah Syazilah di Tunisia. nama aslinya ialah Abul Hasan Ali bin Abdullah bin Abdul Jabbar asy-Syazili. Jalur keturunannya tentu saja dari garis yang tidak sembarangan yaitu Nabi Muhammad SAW melalui putrinya Fatimah az_Zahra dan Ali bin Abi Thalib Ra. Ia merupakan pendiri Tarekat Syaziliyyah tarekat sufi Ahlus Sunah wal Jamaah.

Lahir pada 593 Hijriah atau 1197 Masehi di kota Ghammarah, Maroko. Setelah masa kecilnya belajar agama dari orang tuanya, Syazili kemudian berguru pada ulama di daerahnya yaitu Muhammad Abu Abdullah bin Harazin. dalam beberapa saat itu ia juga berguru kepada Abul Fath al-Wasithy, atas nasehat dari Abul Fath al-Wasithy yang menyarankan bahwa as-Syazili pergi ke kota Fez untuk bertemu dengan Abdul Salam bin Mashish yang di kemudian hari juga langsung menjadi gurunya.

Abdul Salam bin Mashish adalah sufi ternama di masa itu, nama besarnya di Maroko selevel dengan Imam Syafi'i di Mesir. Konon ia menjalani hidupnya dengan cara asketisme yakni  laku berpantang kenikmatan indria demi mewujudkan maksud-maksud rohani, (pengamal asketisme) dapat saja menyepi dari keramaian dunia agar dapat bertapa brata (khalwat), dan dapat pula hidup di tengah-tengah masyarakat, tetapi lazimnya mereka mengadopsi suatu gaya hidup yang sangat bersahaja, bercirikan penolakan terhadap harta-benda dan kenikmatan-kenikmatan jasmani, serta melewatkan waktu dengan berpuasa sambil tekun beribadat atau sambil merenungkan perkara-perkara rohani. tempat tujuan khalwat Abdul Salam ada di Rif diatas gunung Jabal Alam. Abdul Salam diakui oleh Asy-Syazili sebagai guru sejatinya lantaran beliau lah yang mengantarkannya pada kedudukan derajat Ma'krifatullah.

Setelah merasa cukup bahwa Asy-Syazili belajar darinya, mendadak Abdul Salam meminta Asy-Syazili untuk hijrah ke Tunisia dan tinggal di daerah Syazilah, disana ia disambut hangat oleh pemuka agama/ ahli ilmu tasawuf dan masyarakat setempat. setiap hari Asy_Syazili kedatangan tamu untuk membahas ilmu agama dan suatu ketika  Asy-Syazili mengikuti sebuah petunjuk yang mengharuskannya untuk menempuh "jalan sunyi" Sebagaimana yang telah diajarkan oleh gurunya Abdul Salam yaitu berkhalwat. dan Asy-Syazili memilih pegunungan Zagwan untuk beribadah membersihkan jiwa dan upaya lebih dekat-dekat kepada ALlah SWT. rampungnya khalwat kemudian ia kembali ke tengah-tengah masyarakat Syazilah, sebagian dinanti-nanti oleh masyarakat sebagian pula ditentang oleh sebagian golongan terutama golongan ahli fiqih yang menentangnya dengan keras. 

Asy-Syazili memutuskan menghindari pertentangan karena timbul perkara ribut-ribut pro-kontra yang semakin membesar dan tempat tujuannya pindah adalah Mesir dan menetap dikota Iskandariah. setibanya di Mesir Asy-Syazili banyak-banyak menebar ajaran mulia yang akhirnya banyak yang akhirnya menjadi pengikut setia, dan semasa hidupnya ia tidak banyak menghasilkan karya tulis karena kesibukan dakwah telah meyita waktu. Asy-Syazili wafat pada 656 Hijriah - 1258 Masehi di kota Iskandariah, Mesir.

Jika kamu ingin selamat dari kekaraman dan kehancuran, ikhlaskan amal hanya kepada Allah dengan syarat ilmu dan jangan kamu senang terhadap dirimu sedikit pun. (Asy-Syazili)




Popular posts from this blog

Khasiat Utama Air Kelapa Gading

Air Kelapa Gading Banyak jenis kelapa yang tersebar di seluruh dunia, dan disinyalir tumbuhan ini berasal dari samudera hindia dan asia. hampir semua bagian dari tanaman ini bermanfaat bagi segala aspek kebutuhan rumah tangga hingga air kelapanya pun bermanfaat bagi kesehatan. Meski banyak tersebar akan manfaat air kelapa, namun diantara keutamaan manfaat dari masing-masing jenisnya kelapa belum tuntas diketahui peruntukan khusus atas fungsi dari masing-masing jenisnya, hanya saja pada umumnya masyarakat menganggap khasiat semuanya serupa. padahal andai mereka tahu dari masing-masing memiliki keutamaan khasiat yang berbeda. Air kelapa gading sangat baik membantu penyembuhan penyakit organ dalam.dan berikut adalah Khasiat Utama Air Kelapa Gading: Liver Meski belum ada penelitian prihal air kelapa gading, namun resep leluhur dari keluarga turun temurun menyimpan rahasia jika khasiat air kelapa gading diyakini mampu sembuhkan penyakit liver. Rahasia keluarga yang patut

Wangi Bunga Kantil

Fungsi Herbal Bunga kantil dipercaya mampu mengobati beberapa gangguan kesehatan. Kandungan senyawa alami seperti alkaloid mikelarbina dan liriodenina dipercaya memiliki  khasiat sebagai ekspektoran dan diuretik. Fungsi herbal yang dimiliki bunga kantil dapat menjadi obat alternatif untuk berbagai penyakit. Seperti bronkhitis, batuk, demam, keputihan, radang, prostat, infeksi saluran kemih, dan sulit kencing. Sayangnya, khasiat yang dimiliki bunga ini belum banyak diminati untuk pengobatan. Fungsi Adat Bunga Kantil disebut juga sebagai bunga cempaka putih. Mitos yang berkembang di masyarakat, aroma bunga kantil disukai oleh kuntilanak, dari beberapa kabar yang terkumpul jika gangguan makhluk ini lebih banyak ada pada pohon kantil karena kuntilanak menjadikan pohon kantil sebagai tempat tinggalnya. Selain itu dibawah ini adalah potret yang biasa ditemui di kebiasaan adat Jawa: Bunga kantil mempunyai nilai tradisi yang erat bagi masyarakat Jawa, tampak sering terlih

Khasiat Semanggi

  Semanggi Semanggi adalah sejenis kelompok paku air ( salviniales ) dari marga Marsilea dan tanaman ini mudah dijumpai di Indonesia terutama di pematang sawah atau tepi saluran irigasi. Daun semanggi biasa dijadikan bahan makanan yang populer yakni pecel semanggi. diketahui bahwa semanggi mengandung fitoestrogen yang berpotensi mencegah Osteoporosis, juga pula berpotensi sebagai tumbuhan Bioremediasi karena mampu menyerap logam berat Cd dan Pb

sidebar ads2 1x1 - 2019