Langsung ke konten utama

Anak-anak Jepang paling Sehat di Dunia, Inilah 5 Kunci Rahasianya

Anak-anak Jepang paling Sehat di Dunia, inilah 5 Kunci Rahasianya

Anak Sehat di Jepang

Melansir studi ilmiah the Lancet, anak-anak Jepang memiliki harapan hidup sehat dan umur panjang tertinggi di Dunia. Di Jepang, anak laki-laki dan perempuan sejak dalam kandungan telah diperkirakan panjang usia hingga 73 tahun tanpa cacat dan untuk harapan hidup secara keseluruhan sampai usia 80 tahun keatas.

Amerika Serikat saja tidak masuk dalam daftar 10 besar. Berdasar hasil studi, Anak-anak Amerika yang lahir pada tahun 2013 diharapkan batas menikmati kesehatan mencapai usia 65 tahun dan harapan hidup rata-rata hingga usia 76 tahun.

Lantas apa rahasia dibalik umur panjang orang Jepang? Rupanya pola makan orang Jepang dan beraktifitaslah jawaban kesemuanya. Berikut ini diantaranya:


1. Budaya Makan yang Terhormat
Ciri khas budaya makan orang jepang adalah ritual makan dengan semangkuk nasi kecil, semangkuk sup miso, dan tiga lauk disajikan dalam piring kecil. Sementara porsi sederhana lainnya terdiri ikan, daging, atau tahu termasuk sayur-sayuran dan di imbangi banyak makan buah, sayuran dan biji-bijian.

2. Tidak ada Paksaan Dalam Menahan Diri
Orang Jepang tidak pernah menerapkan upaya menahan diri atas suatu jenis makanan pantangan bahkan anak-anak mereka sengaja disuguhi makanan ringan tapi dalam jumlah dan frekwensi yang tepat. Disamping itu pula sebenarnya orang Jepang memiliki kepercayaan kuat dan patuh, jadi memang pada dasarnya anak-anak cukup mengerti jika sajian dari dapur rumah sendiri lebih sehat. sekalipun dipersilakan makan pizza dan makanan tinggi kalori, namun tak lebih dari sekedar mencicipi bukan untuk mengganti menu makan utama.

3. Tetap Makan Nasi
Orang Jepang tetap makan nasi meski penelitian ilmiah nasi adalah salah satu musuh bagi penyakit diabetes namun para orang tua mereka turun temurun sudah sadar takaran yang pas untuk menu sehatnya. Sushi misalnya, bukanlah makanan glisemik tinggi karena porsi beras dipadukan dengan ikan sayuran dan rumput laut.

4. Berjalan Kaki
Orang Jepang telah terbiasa melakukan aktifitas fisik dalam kehidupan mereka sejak usia dini. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, lebih dari 98 persen anak-anak Jepang berjalan dan bersepeda ke sekolah, itu berarti kebanyakan anak-anak telah terpenuhi rekomendasi bagi anak-anak untuk mendapatkan 60 menit aktifitas fisik skala sedang hingga kuat per hari hanya dengan berjalan kaki dari sekolah. dan kebiasaan dini ini adalah modal sehat dihari tua karena sudah terbiasa olahraga teratur.

5. Makan Siang di Sekolah
Mulai dari sekolah dasar, Jepang memiliki kebijakan makan siang disekolahan dengan menyajikan menu lokal yang telah direkomendasikan sehat. Pihak sekolah tidak menyediakan makanan yang tidak sehat. Jadi dengan cara ini percayalah mereka akan belajar untuk menyukai sehat dengan pilihan lezat.

Supaya umur panjang, anda tidak perlu meniru resep masakan Jepang. Cukup dengan menerapkan penyebab sehatnya saja sebagai motivasi agar generasi kita jauh lebih baik dari sekarang.



Postingan populer dari blog ini

Khasiat Utama Air Kelapa Gading

Air Kelapa Gading Banyak jenis kelapa yang tersebar di seluruh dunia, dan disinyalir tumbuhan ini berasal dari samudera hindia dan asia. hampir semua bagian dari tanaman ini bermanfaat bagi segala aspek kebutuhan rumah tangga hingga air kelapanya pun bermanfaat bagi kesehatan. Meski banyak tersebar akan manfaat air kelapa, namun diantara keutamaan manfaat dari masing-masing jenisnya kelapa belum tuntas diketahui peruntukan khusus atas fungsi dari masing-masing jenisnya, hanya saja pada umumnya masyarakat menganggap khasiat semuanya serupa. padahal andai mereka tahu dari masing-masing memiliki keutamaan khasiat yang berbeda. Air kelapa gading sangat baik membantu penyembuhan penyakit organ dalam.dan berikut adalah Khasiat Utama Air Kelapa Gading: Liver Meski belum ada penelitian prihal air kelapa gading, namun resep leluhur dari keluarga turun temurun menyimpan rahasia jika khasiat air kelapa gading diyakini mampu sembuhkan penyakit liver. Rahasia keluarga yang patut

Wangi Bunga Kantil

Fungsi Herbal Bunga kantil dipercaya mampu mengobati beberapa gangguan kesehatan. Kandungan senyawa alami seperti alkaloid mikelarbina dan liriodenina dipercaya memiliki  khasiat sebagai ekspektoran dan diuretik. Fungsi herbal yang dimiliki bunga kantil dapat menjadi obat alternatif untuk berbagai penyakit. Seperti bronkhitis, batuk, demam, keputihan, radang, prostat, infeksi saluran kemih, dan sulit kencing. Sayangnya, khasiat yang dimiliki bunga ini belum banyak diminati untuk pengobatan. Fungsi Adat Bunga Kantil disebut juga sebagai bunga cempaka putih. Mitos yang berkembang di masyarakat, aroma bunga kantil disukai oleh kuntilanak, dari beberapa kabar yang terkumpul jika gangguan makhluk ini lebih banyak ada pada pohon kantil karena kuntilanak menjadikan pohon kantil sebagai tempat tinggalnya. Selain itu dibawah ini adalah potret yang biasa ditemui di kebiasaan adat Jawa: Bunga kantil mempunyai nilai tradisi yang erat bagi masyarakat Jawa, tampak sering terlih

Khasiat Semanggi

  Semanggi Semanggi adalah sejenis kelompok paku air ( salviniales ) dari marga Marsilea dan tanaman ini mudah dijumpai di Indonesia terutama di pematang sawah atau tepi saluran irigasi. Daun semanggi biasa dijadikan bahan makanan yang populer yakni pecel semanggi. diketahui bahwa semanggi mengandung fitoestrogen yang berpotensi mencegah Osteoporosis, juga pula berpotensi sebagai tumbuhan Bioremediasi karena mampu menyerap logam berat Cd dan Pb

sidebar ads2 1x1 - 2022