Skip to main content

Sisi Kelam Politiasi Agama

Sisi Kelam Politiasi Agama

Sisi Kelam Politiasi Agama

Khalifah Yazid bin Muawiyah begitu marah setelah mendengar laporan bahwa penduduk Madinah di bagian timur laut menolak untuk mengakui kepemimpinannya di Damaskus. Penyerbuan besar-besaran dipersiapkan. Pasukan Yazid dipimpin oleh panglima Muslim bin Uqbah dengan kekuatan 12.000 pasukan. Hasilnya; ratusan sahabat Nabi dan sekitar 10.000 warga terbunuh. Perang itu dikenal dengan "Yaum al-Hurrah", terjadi pada tahun 680 hingga 683 M.

Dalam catatan sejarawan Islam Al-Samhudi (1533), disebutkan 1000 anak haram lahir akibat pemerkosaan oleh tentara Yazid terhadap kaum perempuan tak bersuami setelah pertempuran itu. Catatan sejarawan Awana ibnu al-Hakam (764) menjelaskan brutalitas lainnya. Muslim bin Uqbah mengumpulkan tokoh-tokoh Madinah di masjid Quba untuk memaksa mereka berbai'at kepada kepemimpinan Yazid. Dalam kesempatan itu beberapa tokoh dari suku Quraisy dieksekusi, termasuk ulama terkemuka, Ma'qil ibn Sinan al-Ashja'i. Bahkan beberapa kerabat dekat Ibn Uqbah sendiri juga dieksekusi karena menolak untuk mengakui kepemimpinan Yazid.

Pertempuran Hurrah digambarkan sebagai salah satu kejahatan paling brutal dari Khalifah Yazid bin Muawiyah selain pembunuhan Sayyidina Husein di Padang Karbala. Berbagai literatur sejarah Islam klasik seperti At-Thabari dan Imam as-Suyuthi menerangkan bahwa Yazid tidak pernah menyesali segala perbuatannya dengan mengatakan bahwa semua kekejaman itu dilakukan atas perintahnya untuk menegakkan agama Allah.

Politisasi agama memang bukan barang baru. Sejak ribuan tahun lalu narasi agama dan Tuhan seringkali dimanipulasi untuk memuluskan pencapaian kekuasaan dan selanjutnya dijadikan dasar berbagai kejahatan untuk mempertahankan kekuasaan itu.

Bagi yang memahami sejarah, pastinya tidak akan pernah kaget jika hari ini ditemukan sekelompok orang melakukan penipuan politik dengan narasi "Demi tegaknya Daulah dan Khilafah". Termasuk juga yang memainkan frasa "Partai setan, Partai Allah", maupun yang bermain-main dengan shalat jenazah sebagai jurus kampanye. Ini semua adalah gendam politik; virus jahat dalam semua agama dan bangsa-bangsa selama berabad-abad. Source: Islah Bahrawi (Jaringan Moderat Indonesia)

#lawanpolitisasiagama

Popular posts from this blog

Khasiat Utama Air Kelapa Gading

Air Kelapa Gading Banyak jenis kelapa yang tersebar di seluruh dunia, dan disinyalir tumbuhan ini berasal dari samudera hindia dan asia. hampir semua bagian dari tanaman ini bermanfaat bagi segala aspek kebutuhan rumah tangga hingga air kelapanya pun bermanfaat bagi kesehatan. Meski banyak tersebar akan manfaat air kelapa, namun diantara keutamaan manfaat dari masing-masing jenisnya kelapa belum tuntas diketahui peruntukan khusus atas fungsi dari masing-masing jenisnya, hanya saja pada umumnya masyarakat menganggap khasiat semuanya serupa. padahal andai mereka tahu dari masing-masing memiliki keutamaan khasiat yang berbeda. Air kelapa gading sangat baik membantu penyembuhan penyakit organ dalam.dan berikut adalah Khasiat Utama Air Kelapa Gading: Liver Meski belum ada penelitian prihal air kelapa gading, namun resep leluhur dari keluarga turun temurun menyimpan rahasia jika khasiat air kelapa gading diyakini mampu sembuhkan penyakit liver. Rahasia keluarga yang patut

Wangi Bunga Kantil

Fungsi Herbal Bunga kantil dipercaya mampu mengobati beberapa gangguan kesehatan. Kandungan senyawa alami seperti alkaloid mikelarbina dan liriodenina dipercaya memiliki  khasiat sebagai ekspektoran dan diuretik. Fungsi herbal yang dimiliki bunga kantil dapat menjadi obat alternatif untuk berbagai penyakit. Seperti bronkhitis, batuk, demam, keputihan, radang, prostat, infeksi saluran kemih, dan sulit kencing. Sayangnya, khasiat yang dimiliki bunga ini belum banyak diminati untuk pengobatan. Fungsi Adat Bunga Kantil disebut juga sebagai bunga cempaka putih. Mitos yang berkembang di masyarakat, aroma bunga kantil disukai oleh kuntilanak, dari beberapa kabar yang terkumpul jika gangguan makhluk ini lebih banyak ada pada pohon kantil karena kuntilanak menjadikan pohon kantil sebagai tempat tinggalnya. Selain itu dibawah ini adalah potret yang biasa ditemui di kebiasaan adat Jawa: Bunga kantil mempunyai nilai tradisi yang erat bagi masyarakat Jawa, tampak sering terlih

Khasiat Semanggi

  Semanggi Semanggi adalah sejenis kelompok paku air ( salviniales ) dari marga Marsilea dan tanaman ini mudah dijumpai di Indonesia terutama di pematang sawah atau tepi saluran irigasi. Daun semanggi biasa dijadikan bahan makanan yang populer yakni pecel semanggi. diketahui bahwa semanggi mengandung fitoestrogen yang berpotensi mencegah Osteoporosis, juga pula berpotensi sebagai tumbuhan Bioremediasi karena mampu menyerap logam berat Cd dan Pb

sidebar ads2 1x1 - 2019