Skip to main content

3 Perkara Penting Yang Wajib Dipahami Oleh Pemandi Mayat

3 Perkara Penting Yang Wajib Dipahami Oleh Pemandi Mayat
Hukum Islam telah memberi tuntunan terhadap perlakuan mayat yang telah meninggal. Diantaranya ialah manakala seseorang telah meninggal harus dimandikan terlebih dahulu, kemudian di kafani dan di shalati. Pada bagian ini, Pemandi Mayat perlu memahami bagaimana keadaan yang telah dirasakan seseorang yang baru saja mengalami pelepasan atau pencabutan nyawa yang dilakukan oleh malaikat Izroil. Mengapa demikian karena diceritakan oleh Aisyah yang mendengar langsung dari perkataan Rasulullah SAW "Sesungguhnya saat yang paling berat dirasakan mayat ialah manakala datangnya Pemandi Mayat". Sehubungan tidak semua Pemandi Mayat mampu menyadari atau diri batinnya kurang peka betapa mayat itu telah merasakan pedihnya saat pencabutan nyawa, Maka 3 Perkara Penting yang Wajib Dipahami oleh Pemandi Mayat adalah Seruan Ruh orang meninggal.

Berikut ini adalah petikan cerita Ummul mukminin Siti Aisyah RA yang mendapati langsung perkataan dari Rasulullah mengenai Seruan Ruh Orang Meninggal Pada Tukang Memandikan Mayat.

  1. Pemandi Jenazah biasanya akan melepaskan cincin yang dipakai si mayat jika ada, Kemudian melepaskan pakaian dilanjutkan dengan memandikan, saat itu ruh akan menjerit keras hingga suaranya dapat didengar oleh seluruh makhluk kecuali jin dan manusia. "Hai tukang memandikan, Demi Allah aku memohon kepadamu agar engkau pelan-pelan saat sedang mencopot pakaianku, karena sesungguhnya saat ini aku sedang istirahat dari sakitnya pencabutan nyawa dari malaikat maut.
  2. Hai tukang memandikan, demi Allah jangan engkau tuangkan air panas, jangan pula engkau gunakan air dingin, sesungguhnya jasadku telah terbakar sebab dicabutnya nyawaku.
  3. Lalu ketika dimandikan, ruh pun juga berseru "Wahai tukang memandikan, janganlah engkau pegang diriku terlalu kuat, sesungguhnya jasadku masih terluka karena keluarnya nyawa".
Tiga perkara diatas adalah rasa sakit yang dirasakan oleh mayat pasca pencabutan nyawa, dan rasa sakitnya masih membekas hingga saat dimandikan, jadi para pemandi mayat perlu memahami dan memperlakukan kondisi jasad orang setelah terjadi pencabutan nyawa karena seperti diriwayatkan rasa sakaratul maut itu diumpamakan seperti binatang hidup yang dikelupas kulitnya (dikuliti hidup-hidup) dan rasanya bahkan seribu kali lebih sakit.






Popular posts from this blog

Khasiat Utama Air Kelapa Gading

Air Kelapa Gading Banyak jenis kelapa yang tersebar di seluruh dunia, dan disinyalir tumbuhan ini berasal dari samudera hindia dan asia. hampir semua bagian dari tanaman ini bermanfaat bagi segala aspek kebutuhan rumah tangga hingga air kelapanya pun bermanfaat bagi kesehatan. Meski banyak tersebar akan manfaat air kelapa, namun diantara keutamaan manfaat dari masing-masing jenisnya kelapa belum tuntas diketahui peruntukan khusus atas fungsi dari masing-masing jenisnya, hanya saja pada umumnya masyarakat menganggap khasiat semuanya serupa. padahal andai mereka tahu dari masing-masing memiliki keutamaan khasiat yang berbeda.
Air kelapa gading sangat baik membantu penyembuhan penyakit organ dalam.dan berikut adalah

Khasiat Utama Air Kelapa Gading:
Liver Meski belum ada penelitian prihal air kelapa gading, namun resep leluhur dari keluarga turun temurun menyimpan rahasia jika khasiat air kelapa gading diyakini mampu sembuhkan penyakit liver. Rahasia keluarga yang patut disebarluaskan ke…

Wangi Bunga Kantil

Fungsi Herbal
Bunga kantil dipercaya mampu mengobati beberapa gangguan kesehatan. Kandungan senyawa alami seperti alkaloid mikelarbina dan liriodenina dipercaya memiliki  khasiat sebagai ekspektoran dan diuretik. Fungsi herbal yang dimiliki bunga kantil dapat menjadi obat alternatif untuk berbagai penyakit. Seperti bronkhitis, batuk, demam, keputihan, radang, prostat, infeksi saluran kemih, dan sulit kencing. Sayangnya, khasiat yang dimiliki bunga ini belum banyak diminati untuk pengobatan.

Fungsi Adat
Bunga Kantil disebut juga sebagai bunga cempaka putih. Mitos yang berkembang di masyarakat, aroma bunga kantil disukai oleh kuntilanak, dari beberapa kabar yang terkumpul jika gangguan makhluk ini lebih banyak ada pada pohon kantil karena kuntilanak menjadikan pohon kantil sebagai tempat tinggalnya. Selain itu dibawah ini adalah potret yang biasa ditemui di kebiasaan adat Jawa:
Bunga kantil mempunyai nilai tradisi yang erat bagi masyarakat Jawa, tampak sering terlihat dalam acara…

Khasiat Semanggi

Semanggi Semanggi adalah sejenis kelompok paku air (salviniales) dari marga Marsilea dan tanaman ini mudah dijumpai di Indonesia terutama di pematang sawah atau tepi saluran irigasi.
Daun semanggi biasa dijadikan bahan makanan yang populer yakni pecel semanggi. diketahui bahwa semanggi mengandung fitoestrogen yang berpotensi mencegah Osteoporosis, juga pula berpotensi sebagai tumbuhan Bioremediasi karena mampu menyerap logam berat Cd dan Pb

sidebar ads2 1x1 - 2019